Senin, 08 Februari 2010

The Yellow Motion

*DASAR PEMIKIRAN
Fase perkembangan pengetahuan terus mengalir seiring dengan perjalanan waktu. Sejarah perkembangan komunikasi yang diawali dari berbicara hingga kini teknologi hadir untuk memudahkan segala aktifitas keseharian manusia. IT (Information Technologi) yang kita kenali bagaikan pisau bermata ganda, disatu sisi Teknologi dapat membantu segala aspek kehidupan manusia dalam penyelesaian sebuah permasalahan kesehariannya. Mulai dari pemenuhan aspek biologis hingga aspek psikologis, namun disisi lain pula Teknologi mampu menjadikan manusia sebagai budak yang tak mampu lepas dari jeratan hingga sampai pada satu fase klimaks yang dinamakan Zona Mabuk Teknologi (High Tech, High Touch, John Nisbit, Nana Nisbitt, Mizan). Zona yang di tujukan oleh adanya hubungan yang rumit dan sering sekali bertentangan antara teknologi dan pencarian kita akan makna.
Dimana dengan melihat perkembangan Teknologi Informasi yang berkembang dewasa ini yang bersifat terus menerus semakin maju setiap detiknya membuat kita harus
mewaspadai hadirnya teknologi dengan mengevaluasi secara jernih relevansi teknologi yang ada sekarang pada kehidupan kita, memperdebatkan terlebih dahulu kebaikan serta konsekwensi penerapannya serta berfikir secara kritis terhadap dampaknya bagi perkembangan peradaban manusia.
Begitupula disektor pendidikan, peningkatan pemahaman serta pengembangan skill dalam dunia IT harus dikuti serta ditingkatkan pula agar kita tidak “latah” dalam menghadapi perkembangan era globalisasi. Dimana budaya konsumerisme terhadap produk-produk teknologi harus dikikis agar kita bukan hanya sebagai pengguna melainkan berkarya dalam dunia IT dan merumuskan orientasi alternatif dan ikut berperan aktif dalam menyokong dan mengawal perkembangan IT ke arah yang lebih baik.
Sekarang ini, tidak ternafikan lagi bahwa teknologi merupakan infrastruktur yang sangat menentukan perubahan-perubahan sosial serta memperjelas strata dalam tatanan masyarakat. Tapi dengan perkembangan teknologi informasi pula pemanfaatan pembentukan tatanan masyarakat global yang telah dipersempit waktu dan tidak tersekat-sekat ruang batas
teritorial suatu Negara yang pada akhirnya terjadi pertukaran pengetahuan serta pengalaman dengan mudah. Tetapi dengan asumsi ini kita dapat menarik sebuah kesimpulan serta bentuk peringatan penting bahwa hal ini dapat berdampak buruk jika kita tidak mempersiapkan segenap kemampuan daya pikir dan daya pemanfaatan dalam menghadapinya.
Berdasarkan pemikiran inilah maka kami yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Informatika Soppeng (IMIS) STMIK Dipanegara Makassar sebagai suatu wadah yang peduli dengan pendidikan khususnya dalam keilmuan teknologi informasi, tergerak untuk melaksanakan kegiatan untuk mempersiapkan infra maupun supra struktur dalam menyongsong peradaban yang berbasiskan teknologi dan sekaligus mengamplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk yang kongkrit.

*JENIS KEGIATAN
1. Sosialisasi Dampak Teknologi
Jenis kegiatan ini melibatkan peserta didik/siswa tingkat SMU/SMK/sederajat se-Kab. Soppeng. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya kirtisiasi tentang pengetahuan serta wawasan dalam arah laju perkembangan teknologi informasi dalam era globalisasi sekarang ini. Kegiatan ini pula sebagai bentuk penyikapan dalam menanggapi pemenuhan kebutuhan serta keinginan dalam penggunaan produk-produk teknologi.

2. Book Fair
Kegiatan ini sebagai bentuk penyikapan dan menanggapi kebutuhan buku-buku teknologi informasi yang berkembang dewasa ini.

3. Workshop Hardware
Jenis kegiatan ini merupakan bentuk Pelatihan Hardware yang bertujuan untuk meningkatkan skill dalam Pengenalan Hardware, Troble Shooting serta Instalasi, dimana ini merupakan sebagai salah satu bekal dalam menghadapi dunia kerja dan pendalaman disiplin keilmuan IT
.

4. Graphic Design Competition
Kegiatan ini bertujuan memacu kreatifitas siswa/mahasiswa/masyarakat umum Kab. Soppeng dalam hal desain grafis dengan menggunakan aplikasi Design Grafis yaitu Corel Draw & Photo Shop,dimana desain yang mereka perlombakan adalah desain Original.

5. Tryout Akbar (Dikonsisikan)
Jenis kegiatan ini melibatkan siswa-siswi tingkat SMU/ sederajat se-Kab. Soppeng. Kegiatan ini sebagai persiapan sebelum menghadapi Ujian Nasional serta bahan evaluasi akhir dalam menghadapinya.

6. Basektball Competition
Jenis kegiatan ini melibatkan siswa-siswi tingkat SMU/SMK/sederajat se-Kab. Soppeng. Kegiatan ini bertujuan memacu kreatifitas serta sportifitas antara kalangan pelajar.

7. Seminar Hacking
Di Dalam kegiatan ini, merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan yang ada, dimana akan menghadirkan keynot Speaker (Pembicara) yang mempunyai kapasitas dalam wilayah Teknologi Informasi sebagai ruang diskursus bagi Seluruh lapisan masyarakat secara umum Serta siswa/mahasiswa secara khusus yang ingin meningkatkan disiplin ilmu IT sehingga lebih berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi ini.

WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN
 Sosialisasi Dampak Teknologi
Tanggal : 22 s/d 27 Februari 2010
Waktu : Pukul 08.00 – 18.00 Wita
Tempat : Kab. Soppeng
 Book Fair
Tanggal : 22 Februari s/d 13 Maret 2010
Waktu : Pukul 08.00 – 18.00 Wita
Tempat : Kab. Soppeng

 Workshop Hardware
Tanggal : 1 s/d 6 Maret 2010
Waktu : Pukul 10.00 – 18.00 Wita
Tempat : Aula SKB Kab. Soppeng.
 Graphic Design Competition
Tanggal : Maret 2010
Waktu : -
Tempat : Kab. Soppeng.
 Tryout Akbar (dikonsisikan)
Tanggal : 14 Maret 2010
Waktu : 08.00 – 16.00
Tempat : R. Pola Kantor Bupati
 Basketball Competition
Tanggal : 8 s/d 13 Maret 2010
Waktu : Pukul 10.00 – 22.00 Wita
Tempat : Lap. Gasis Kab. Soppeng


 Seminar Hacking
Tanggal : 7 Maret 2010
Waktu : Pukul 10.00 – 13.00 Wita
Tempat : R. Pola Kantor Bupati Soppeng

*PESERTA
• Sosialisasi Dampak Teknologi
Kegiatan ini diikuti oleh pelajar tingkat SMU/SMK/sederajat Se-Kab. Soppeng

• Workhop Hardware
Kegiatan ini diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan umum

• Graphic Design Compotition
Kegiatan ini diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan umum

• Tryout Akbar
Kegiatan ini diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan umum

• Basketball Competition
Kegiatan ini diikuti oleh pelajar tingkat SMU/SMK/sederajat Se-Kab. Soppeng

• Seminar Hacking
Kegiatan ini diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar